Sunday, April 29, 2012

Manusia dan Penderitaan

                                                                                                       Tema : Penderitaan


     Manusia didunia ini tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah baik yang menyusahkan atau yang menggembirakan. Masalah timbul karena adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Proses dalam menghadapi kesenjangan seringkali dihadapkan pada lika-liku kehidupan yang sering dianggap sebagai suatu penderitaan.
Terkadang manusia terbuai pada kegembiraan, padahal kegembiran juga cobaan. Manusia  seringkali tergelincir akibat keterlenaan dan berlebihan serta melampaui batas  dan berujung pada penderitaan. 

Pengertian Penderitaan
Penderitaan Berasal dari kata derita. derita Berasal Bahasa sansekerta dhra Artinya menahan atau menanggung. Artinya Menahan atau menanggung. Derita. artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat adri lahir atau Batin, atau Lahir batin. 

       Penderitaan Secara lahiriah seperti sakit hati karena dihina, sedih karena Kerabat Meninggal, Putus asa karena tidak Lulus Ujian. atau penyesalan karena tidak Melakukan yang diharapkan. Muncul dikarenakan penderitaan pada sisi yang satu berdampak pada sisi yang lain atau dengan kata lain penderitaan lahiriah memicu penderitaan batiniah atau sebaliknya. misalkan akibat kehujanan badan Menjadi kedinginan namun tidak ada tempat berteduh akibatnya mendongkol, risau dan Menangis. adapun Karena putus asa tidak Lulus Ujian menjadi tidak Mau makan dan menimbulkan perut sakit.
Contoh Penderitaan :
a. Siksaan. 
    Siksaan dapat diartikan sebagai Badan atau Jasmani, dana dapat juga berupa siksaaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang. timbulllah penderitaan.
bersifat Psikis : 
    - Kebimbangan : dialami seseorang bila ia suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil.
  - Kesepian  : Dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walupun ia dalam lingkungan orang ramai. 
    - Ketakutan : Merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan Batin. 
Banyak sebab yang menjadikan seseorang merasa Ketakutan, antara lain :
              a. Claustrophobia dan Agoraphobia 
              b. Gamang 
              c. Kegelapan 
              d. Kesakitan 
              e. Kegagalan 
 b. Kekalutan Mental.
      penderitaan Batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Sebab-sebab, antara lain :
- Kepribadian yang lemah.
- terjadinya konflik sosial Budaya.
- cara pematangan batin.


Penderitaan dan Perjuangan
             Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, Baik berat maupun ringan. Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Caranya ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alam lingkungan, Masyarakat sekitar, dengan waspada, dan disertai doa kepada Tuhan supaya terhindar dari bahaya dan Malapetaka, Manusia hanya Merencanakan dan Tuhan Yang menentukan.


Penderitaan, Media Massa dan Seniman
         Dalam dunia Tekhnologi modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih Besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan tekhnologi dan sebagainya menyejahterakan Manusia dalam sebagian lainnya membuat manusia menderita.    
             Media Massa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan  peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada Masyarakat. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan   para seniman melalui karya seni. sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni. 

Penderitaan dan Sebab-Sebabnya
A. Penderitaan yang timbul karena perbuatan Buruk Manusia.
penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk Manusia dapat terjadi dalam Hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan ini kadang disebut nasib buruk. nasib buruk ini dapat diperbaiki manusia supaya menjadi baik. dengan kata lain, Manusialah yang dapat memperbaiki nasibnya. Perbedaan nasib buruk dan takdir, kalau takdir, Tuhan yang menentukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya.
B. Penderitaan yang timbul karena Penyakit, siksaan/ Azab Tuhan.
Penderitaan Manusia dapat juga terjadi akibat Penyakit atau siksaan / Azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal, dan Optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.

Pengaruh Penderitaan
Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan Mengalami Pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul berupa :
A. Sikap Positif 
Sikap Positif yaitu sikap Optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, Melainkan Perjuangan membebaskan diri dari Penderitaan, dan Penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. Biasanya kreatif, tidak mudah Menyerah.
B. Sikap Negatif.
Sikap Negatif  yaitu sikap Menyerah misalnya menyesal karna tidak Bahagia, Sikap Kecewa, Putus asa, ingin Bunuh diri. Sikap ini diungkap dalam pribahasa "sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna".

SUMBER:
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab6-manusia_dan_penderitaan.pdf

No comments:

Post a Comment