Friday, March 16, 2012

Mengenal Arti Kebudayaan

Tema : Pengertian Kebudayaan

KATA PENGANTAR

        Puji Syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan Makalah ini dengan baik, mengenai apa itu arti suatu kebudayaan dengan lebih Mengenal arti Kebudayaan itu sendiri,  Semoga Penulisan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semua Pembaca. amiin

BAB 1
PENDAHULUAN

      1. 1   Latar Belakang.
        
        Kita hidup di bumi ini pasti selalu mendengar banyak sekali ucapan mengenai Kebudayaan. kebudayaan sosial, ras, suku, dan lain sebagainya.. dimana suatu kebudayaan muncul dengan garis besar kata Budaya. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan ke orang dari generasi ke generasi . Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. didalam suatu kebudayaan dapat menyatukan kehidupan para individu. 
              
     1.2   Rumusan Masalah.

       Permasalahan dalam bab ini lebih mendalami pengenalan arti suatu kebudayaan . menjelaskan Pengertian - Pengertian Kebudayaan Menurut Para ahli . 

    1.3   Tujuan Penulisan.
       
        Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk lebih dapat mendalami secara lebih rinci maksud dari Pengertian Kebudayaan itu sendiri.

BAB II
PEMBAHASAN

         Kebudayaan ialah suatu kumpulan yang terdapat di dalam suatu masyarakat. Bnayak sekali Pengertian-Pengertian Menurut Para Ahli. dengan sebagai berikut :


Menurut Koentjaraningrat, menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.
Menurut Andreas Eppink, kebudayaan maengandung keseluruhan pengertian Nilai sosial, Norma stosial, Ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial,religius, dll. 
Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

       Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan Itu adalah suatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Perwujudan Kebudayaan ialah benda-benda yang diciptakan oleh Manusia sebagai Makhluk yang berbudaya, Berupa Prilakunya, dan benda-benda yang bersifat nyata. misalnya Pola-pola prilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dll yang kesempurnaanya ditujukan untuk dapat membantu Manusia dalam Melangsungkan Kehidupan Bermasyarakat.
   

Menurut J.J Hoenigman, kebudayaan memiliki 3 bentuk perwujudan yaitu :
  1. Gagasan ( wujud Ideal ).
        Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang bersifat abstrak (tidak dapat dirubah atau disentuh ). Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. menyatakan gagasan mereka dengan bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

   2. Aktivitas ( Tindakan ).

   Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. wujud ini sering disebut dengan sistem sosial. sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

   3. Artefak ( Karya ).

      Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan , dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan. dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain.
       
    Kebudayaan juga mengalami suatu perubahan, hal ini secara umum dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. proses perubahan kebudayaan dapat terjadi secara evolusi dan revolusi dalam perubahan kebudayaan tersebut diatas tidak jarang terjadi cultural yaitu suatu keadaan masyarakat yang mengalami kesenjangan antara budaya material dengan budaya non material . hal ini misalnya dapat dilihat dengan semakin jauhnya jarak antara kebudayaan ideal dengan kebudayaan real. kesenjangan budaya yang berlarut-larut dapat menimbulkan berbagai masalah sosial atau kerawanan sosial, prilaku menyimpang . 

BAB III
PENUTUP
      3.1  Kesimpulan 

         Jadi ...... dapat saya simpulkan mengenai pengertian kebudayaan Itu adalah suatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Perwujudan Kebudayaan ialah benda-benda yang diciptakan oleh Manusia sebagai Makhluk yang berbudaya, Berupa Prilakunya, dan benda-benda yang bersifat nyata. misalnya Pola-pola prilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dll


     3.2  Saran 
 
          sebelum saya mengakhiri penulisan makalah ini, ada baiknya saya dapat memberikan saran untuk pembahasan kali ini mengenai Kebudayaan . jagalah, dan persatukan nilai suatu kebudayaan dalam bangsa ini  agar dapat mengembangkan kebudayaan menjadi lebih baik lagi. sekian...


download doc asli .4shared :
http://www.4shared.com/file/88-njzI_/Pengertian_kebudayaan___IBD__.html? 

No comments:

Post a Comment