Thursday, October 20, 2011

Penduduk, masyarakat, dan Kebudayaan


 

yang menempati di suatu wilayah dikatakan sebagai penduduk, kumpulan dari penduduk dapat dikatakan sebagai masyarakat . dan dalam suatu penduduk serta hidup bermasyarakat memiliki suatu kebudayaan yang bermacam macam dan berbeda-beda satu sama lain .


Penduduk
setiap tahunnya jumlah penduduk dalam suatu wilayah semakin meningkat, bahkan tidak dilihat dari pertahunnya melainkan dalam detik, menit pun sudah terjadi seperti terlahirlah  suatu individu baru (kelahiran), dengan banyaknya jumlah penduduk di indonesia ini membuat indonesialah sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak. jumlah kelahiran sangat mentukan pertumbuhan penduduk di indonesia


Masyarakat dan Kebudayaan 
Permasalahan yang timbul Menurut Soerjono Soekanto suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah ini muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.







No comments:

Post a Comment