Saturday, June 1, 2013

E - Commerce



Definisi dan Konsep
E-commerce (Electronic Commerce) merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver". Ecommerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah: “E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”. E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2).

contoh penggunaan E- Commerce 
Tokopedia merupakan sebuah Perusahaan Perdagangan Online melalui website yang memudahkan untuk melakukan Penjualanan dan pembeliaan secara online.
Tokopedia.com merupakan salah satu jaringan toko daring terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).


Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
  • Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
  • Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
  • Otomatis account Pelanggan secara aman (baik no.rekening maupun no.kartu kredit)
  • Pembayaran yang dilakukan secara Lansung (online) dan penanganan transaksi.

Keuntungan penggunaan bagi Perusahaan :
  • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  • Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos, surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  • Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  • Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Kerugian e-Commerce 
Meningkatkan Individualisme, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatkan barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun. Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata. (Januri, dkk, 2008).

Rancangan Aplikasi 
Gambaran aplikasi e-commerce akan diuraikan sebagai berikut. Mula-mula aplikasi akan menampilkan daftar barang yang tersedia. Lalu pengguna dapat memilih beberapa item yang ingin dibeli. Pada saat pengguna memilih suatu item barang, identitas barang tersebut dicatat, dan selanjutnya user dapat melanjutkan berbelanja / memilih item yang lain. Server mengingat item apa saja yang telah dipesan. Pada saat pengguna melanjutkan browsing server memelihara track pengguna tersebut dan pengguna tersebut dapat melakukan check out terhadap item-item yang telah dipesan.

Tujuan 
suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan  E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.Tujuan di berdirikannya website ini adalah untuk memudahkan proses jual-beli untuk masyarakat yang konsumtif yang apabila mencari di luaran susah, mungkin dengan adanya e-Commerce ini memudahkan dalam pencarian barang yang ingin dibeli. Karena jarak yang jauh juga bisa menjadi faktor seseorang menggunakan e-Commerce.

Manfaat 
  • Meningkatkan Market Exposure ( melalui media komputer, tidak terbatas jarak dan waktu ).
  • Menurunkan biaya operasional ( operating Cost ).
  • Melebarkan jangkauan ( global reach ).
  • Meningkatkan Costumer Loyalty.
  • Menigkatkan Supply Management.
  • Memperpendek Waktu Produksi.
>>>explanation alexa statistics for Tokopedia the next...

sumber : 

No comments:

Post a Comment