Friday, March 22, 2013

World Wide Web ( WWW )



1. Sejarah

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai computer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.

Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

2. Latar Belakang 

World Wide Web (WWW), sering disingkat dengan web , adalah suatu layanan di dalam jaringan internet yang berupa ruang informasi, dengan adanya web, user dapat memperoleh atau menemukan informasi yang diinginkan dengan cara mengikuti link(Hyperlink) yang disediakan di dalam dokumen yang ditampilkan oleh aplikasi web browser.

Saat ini web telah menjadi antarmuka (interface)standart untuk layanan –layanan lain yang ada di internet, misalnya :email dengan menggunakan teknologi web, user akan lebih mudah dalam berinteraksi dengan data yang tersimpan didalam suatu web server, tanpa harus menuliskan perintah apapun. Permintaan dokumen atau data dari suatu web server dapat dilakukan hanya dengan mengikuti (klik) link yang disediakan didalam dokumen. 

Layanan World Wide Web (WWW), yang begitu Populer sebagai sarana penyebaran informasi secara luas, telah memberikan kontribusi besar dalam jumlah penggunaan jaringan computer. Menurut sebuah survey penggunaan WWW yang diadakan oleh Graphics, Visualization, and Usability (GVU) Center, 84% penggunaan Menganggap akses WWW tidak tergantikan. Badan usaha komersial, badan penelitian, kampus atau organisasi pengguna jaringan computer lainnya mulai menggunakan WWW sebagai basis dari aplikasi-aplikasi penting dan kritikal dalam kegiatan operasionalnya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web)

3. Jenis-Jenis Web

Web dibagi kedalam 2 jenis yaitu web statis dan web dinamis. Berikut merupakan rinciannya:
1. Sebuah Website STATIS adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
>> Elemen 1 Penyunting teks. 
Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.

>> Elemen 2 WYSIWYG editor. 
Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.

>> Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat. 
Contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.

2.  Sebuah Website DINAMIS adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.

4. Contoh Situs Web

     Beragam web yang menawarkan info terkini dan terhangat membuat kita lebih up to date dan haus informasi sehingga tak jarang ketika mendengar suatu isu tertentu maka web-web tersebut yang menjadi sasaran utama pengecekan informasinya. Di internet banyak sekali web berita yang bisa kita nikmati, baik berbahasa Indonesia maupun Inggris. Dari dalam negeri mulai dari detik.com, vivanews.com, okezone.com (berita umum), kapanlagi.com (hiburan), goal indonesia (olahraga) sampai dengan website dari stasiun televisi serta  media cetak ikut menyajikan beragam peristiwa yang terjadi. Sedang di luar negeri lebih banyak lagi, cukup dengan mengetik kata “news” di Google maka akan terdapat jutaan web yang dapat kita akses. Di bawah ini saya akan mempaparkan beberapa situs web berita yang teraktual, terupdate, terkini dan terbaru. Check this out :
·        DetikCom (www.detik.com)
·        Vivanews (us.vivanews.com)
·        Kompas (www.kompas.com)
·        Okezone (www.okezone.com)
·        Dan masih banyak lagi......


Referensi :
Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web

Book     : 
1. Raharjo, Budi. 2011. Belajar Pemrograman Web. Bandung : Penerbit Informatika
2. Febrian, Jack. 2005. Menggunakan Internet. Penerbit : Informatika
3. Sadiman, 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerbit : Erlangga
4. Kurweni Ukar, S.E.,Ak. 2006. Student Guide Series Pengenalan Komputer. Penerbit : Komputindo


Tugas 
NAMA  : DESI SPECTRYANI
NPM   : 51411884
KELAS : 2IA24

No comments:

Post a Comment