Sunday, October 28, 2012

Perkembangan INTERNET


 

Pengertian 
         Internet berasal dari kata International Network yang merupakan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain yang ada di seluruh dunia. Saat ini Internet menjadi media pendukung yang berperan besar dalam kegiatan manusia sehari-hari, Internet digunakan sebagai sarana belajar, pemasaran. komunikasi, dan berbagai macam kegiatan yang lain. Penggunaan Internet mulai dari Kalangan Ekonomi, Menengah, Hingga Ke Atas. Kegiatan - Kegiatan tersebut akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan internet yang semakin maju.

Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.
Kebanyakan media komunikasi tradisional, seperti telepon dan televisi, mengubah bentuk maupun didefinisikan ulang dengan menggunakan teknologi Internet, sehingga menimbulkan berbagai layanan seperti Voice over Internet Protocol (VoIP) dan IPTV. Penerbitan surat kabar telah mengubah wajah ke situs Web, blog, dan web feed. 

Internet telah diaktifkan atau mempercepat penciptaan bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui pesan instan, Internet forum, dan situs jaringan sosial.Asal-usul Internet mencapai kembali ke penelitian pada tahun 1960-an, baik ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengembangkan proyek-proyek dari badan-badan militer untuk membangun kuat, kesalahan-toleran, dan jaringan komputer terdistribusi serta penelitian swasta. Penelitian ini dan periode pendanaan sipil tulang punggung US baru oleh National Science Foundation, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial melahirkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi jaringan baru dan menyebabkan banyak penggabungan jaringan. 
Komersialisasi jaringan internasional di pertengahan tahun 1990-an, mengakibatkan mempopulerkan berikut aplikasi yang tak terhitung jumlahnya di hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. 
Pada 2009, sebuah kuartal diperkirakan penduduk bumi menggunakan layanan dari Internet.


Penggunaan Internet 
            Penggunaan Internet di Indonesia di Dominasi Oleh Netizen generasi muda, Tercatat melalui data 55 juta pengakses Internet di Indonesia 40%nya berusia 15 - 24 Tahun, 33% berusia 25 - 34 Tahun, 17% berusia 35 - 44 Tahun, dan untuk usia dibawah tahun pun tidak ketinggalnya dunia Internet, seperti permainan Game Online mereka pun sering memainkannya. 

Perkembangan internet di Indonesia pada tahun 2012 mengupas mengenai fenomena situs jejaring sosial yang semakin marak beberapa tahun belakangan. Bahkan tak menutup kemungkinan fenomena ini masih akan terus mewabah hingga beberapa tahun ke depan. Masyarakat Indonesia yang pada dasarnya dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan responsif memiliki kecenderungan untuk memanfaatkan berbagai situs jejaring sosial tersebut sebagai wadah ekspresi dan aktualisasi diri mereka. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil laporan resmi Facebook dari tahun ke tahun, dimana jumlah pengguna Facebook mengalami peningkatan sebesar 200 hingga 250 juta per tahunnya.  750 juta pengguna pada Februari 2011 meningkat menjadi 845 juta pada bulan Februari 2012. Dari jumlah tersebut, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia sendiri mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sejak Januari 2012 dengan jumlah pengguna 41.777.240.
  • Rank of Asia 


Pesatnya perkembangan internet di Indonesia dapat dibuktikan dengan hasil dari berbagai survei yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga survei, baik dalam skala nasional maupun internasional. Menurut data terbaru dari situs internetworldstats  Indonesia menempati peringkat 11 dengan total penduduk kurang lebih 245,6 juta dengan 39,6 juta yang menjadi pengguna internet. Angka ini tentu merupakan angka yang cukup besar bagi negara kita. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak keseluruhan pengguna internet tersebut memanfaatkan internet dengan bijak dan pintar. Hal ini dikarenakan masih kerap terjadi berbagai kejahatan di dunia maya (cybercrime). Misalnya pernah kita dengar berbagai kasus penculikan yang berawal dari situs jejaring sosial, tindak penipuan, hacking dan cracking, perjudian melalui dunia maya, pelanggaran hak cipta, maupun berbagai situs yang “menjajakan” pornografi. Tingginya angka pengguna internet di Indonesia tersebut tentu akan semakin bernilai ketika para pengguna internet dapat memanfaatkan internet dengan bijak.
Sementara itu, tak lengkap rasanya apabila kita membicarakan perkembangan internet di Indonesia pada tahun 2012 tanpa mengupas mengenai fenomena situs jejaring sosial yang semakin marak beberapa tahun belakangan. Bahkan tak menutup kemungkinan fenomena ini masih akan terus mewabah hingga beberapa tahun ke depan. Masyarakat Indonesia yang pada dasarnya dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan responsif memiliki kecenderungan untuk memanfaatkan berbagai situs jejaring sosial tersebut sebagai wadah ekspresi dan aktualisasi diri mereka. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil laporan resmi Facebook dari tahun ke tahun, dimana jumlah pengguna Facebookmengalami peningkatan sebesar 200 hingga 250 juta per tahunnya.  750 juta pengguna pada Februari 2011 meningkat menjadi 845 juta pada bulan Februari 2012. Dari jumlah tersebut, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia sendiri mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sejak Januari 2012 dengan jumlah pengguna 41.777.240.
Bahkan ke depan pengguna Facebook Indonesia masih akan terus bertambah seiring dengan harga smartphone yang semakin terjangkau dan pertumbuhan pengguna internet yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Seperti yang diberitakan Kompas.com pada 28 Oktober yang lalu bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2011 sudah mencapai 55 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta.  Dari jumlah tersebut 29 juta diantaranya adalah mobile internet user.
Berbicara mengenai situs jejaring sosial, tentu kita akan teringat dengan twitterTwitter merupakan situs jejaring sosial yang tengah hot di masyarakat Indonesia saat ini. Kini, kicauan-kicauan masyarakat Indonesia semakin nyaring terdengar gaungnya. Bahkan tak jarang kata kunci (keyword) yang berasal dari Indonesia menjadi trending topic secara global. Tentu, kita semua penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Hasil survei berikut ini mungkin dapat sedikit menjawab rasa penasaran kita semua. Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Perancis, jumlah pemilik akun twitter di Indonesia merupakan yang terbesar kelima di dunia. Indonesia berada di posisi kelima dnegan jumlah akun 19,5 juta. Posisi pertama ditempati oleh Amerika Serikat dengan 107,7 juta, posisi kedua diraih oleh Brazil dengan 33,3 juta, sedangkan posisi ketiga dan keempat berturut-turut diduduki oleh Jepang dan Inggris Raya dengan 29,9 juta dan 23,8 juta akun.

Berbagai hasil survei dan laporan di atas tentu semakin mempertegas pesatnya perkembangan internet di Indonesia dari waktu ke waktu, khususnya pada tahun naga ini. Pesatnya perkembangan internet di tahun 2012 ini tentu memberikan peluang bisnis yang bagus bagi para pengusaha, khususnya dalam hal bisnis online. Di samping itu, pesatnya perkembangan internet di tahun ini juga membuka peluang bagi perkembangan internet marketing atau e-marketing di Indonesia.

Pada Perkembangan Internet Zaman sekarang kita mengenal contoh yang namanya E-Learning. Elektronic Learning atau yang disebut sebagai E-Learning merupakan cara terbaru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya Internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi Informasi dan Komunikasi. E-Learning dalam Arti Luas bisa Mencangkup pembelajaran yang dilakukan di Media Elektronik ( Internet ) baik secara formal maupun informal. E-Learning secara Formal misalnya adalah Pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (Pengelola E-Learning dan pembelajaran Sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat Interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh Universitas dan Perusahaan - perusahaan (biasanya perusahaan Konsultan) yang memang bergerak dibidang Penyediaan jasa E-Learning untuk umum.

No comments:

Post a Comment