Saturday, June 1, 2013

Alexa Statistics



ini merupakan Penjelasan dimana dengan menggambarkan suatu Ringkasan Statistika pada sebuah Perusahaan Website Penjualanan terbesar (tokopedia) dengan mengetahui berbagai analytical graphs of tokopedia.com yang ada seperti Traffic Rank, Daily Reach, Pageviews, Time on Site, Bounce Rate and Search Visits based on Alexa.

Domain Name             : tokopedia.com
Alexa Website Rank   : 3,671
change in Ranking       : 1,200 (24.64%)
Estimated ad Revenue : 899 (Daily), and 26,968 (Monthly)
Daily Page Views       : 299,646 views

Statistic For Alexa 
  • Traffic Rank


Grafik ini menunjukkan trends perdagangan secara global dengan peringkat harian selama 3 bulan terakhir ( yaitu April, Mei, dan Juni ). Untuk penilaian Traffic Rank, lebih rendah maka dari statistikanya terlihat lebih baik.
  • Daily Reach
Ini menunjukkan perkiraan persentase penggunaan internet global yang mengunjungi situs tokopedia.com selama 3 bulan terakhir.
  • Daily Pageviews

Grafik ini menunjukkan persentase tampilan halaman global untuk tokopedia.com dalam waktu 30 hari terakhir.
  • Daily Pageviews Per User
Jumlah rata-rata halaman yang dilihat per user dalam tokopedia.com selama 30 hari terakhir.
  • Time on Site

Rata-rata waktu (dalam menit) setiap pengunjung yang menghabiskan waktu disitus ini, Perhitungan grafik dalam 30 hari terakhir.
  • Bounce Rate
Bounce Rate kunjungan user yang mengunjungi satu halaman pada situs ini dan kemudian keluar website atau pergi ke URL baru di browser's address bar.
  • Search Visits
Persentase traffic yang melakukan search engines yang mengunjungi tokopedia.com dalam 7 Hari terakhir.

Compete Statistics
  • Unique Visitor Graph
Grafik ini menunjukkan jumlah unique visitors yang mengunjungi situs setiap bulan. Pengunjung dihitung sekali, tidak peduli berapa kali mereka mengunjungi situs dalam satu bulan.
  • Compete Rank
grafik ini menunjukkan popularitas situs ini berdasarkan pada berapa banyak unique visitors datang ke tokopedia.com dalam sebulan. Untuk Compete Rank, semakin rendah maka semakin baik.
  • Visits
Grafik ini membaca jumlah Pengunjung yang mengnjungi situs tersebut dalam perbulan.

Google Web Search Trend




Grafik berikut menunjukkan statistic dan jumlah pencarian yang telah dilakukan di Google untuk tokopedia.com setiap bulan.

Backlink Graph and Trend


Grafik ini menunjukkan jumlah backlink dan trend untuk tokopedia.com dalam periode 12 bulan.

DNS Records Analysis




sumber :

E - Commerce



Definisi dan Konsep
E-commerce (Electronic Commerce) merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver". Ecommerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah: “E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”. E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2).

contoh penggunaan E- Commerce 
Tokopedia merupakan sebuah Perusahaan Perdagangan Online melalui website yang memudahkan untuk melakukan Penjualanan dan pembeliaan secara online.
Tokopedia.com merupakan salah satu jaringan toko daring terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).


Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
  • Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
  • Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
  • Otomatis account Pelanggan secara aman (baik no.rekening maupun no.kartu kredit)
  • Pembayaran yang dilakukan secara Lansung (online) dan penanganan transaksi.

Keuntungan penggunaan bagi Perusahaan :
  • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  • Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos, surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  • Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  • Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Kerugian e-Commerce 
Meningkatkan Individualisme, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatkan barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun. Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata. (Januri, dkk, 2008).

Rancangan Aplikasi 
Gambaran aplikasi e-commerce akan diuraikan sebagai berikut. Mula-mula aplikasi akan menampilkan daftar barang yang tersedia. Lalu pengguna dapat memilih beberapa item yang ingin dibeli. Pada saat pengguna memilih suatu item barang, identitas barang tersebut dicatat, dan selanjutnya user dapat melanjutkan berbelanja / memilih item yang lain. Server mengingat item apa saja yang telah dipesan. Pada saat pengguna melanjutkan browsing server memelihara track pengguna tersebut dan pengguna tersebut dapat melakukan check out terhadap item-item yang telah dipesan.

Tujuan 
suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan  E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.Tujuan di berdirikannya website ini adalah untuk memudahkan proses jual-beli untuk masyarakat yang konsumtif yang apabila mencari di luaran susah, mungkin dengan adanya e-Commerce ini memudahkan dalam pencarian barang yang ingin dibeli. Karena jarak yang jauh juga bisa menjadi faktor seseorang menggunakan e-Commerce.

Manfaat 
  • Meningkatkan Market Exposure ( melalui media komputer, tidak terbatas jarak dan waktu ).
  • Menurunkan biaya operasional ( operating Cost ).
  • Melebarkan jangkauan ( global reach ).
  • Meningkatkan Costumer Loyalty.
  • Menigkatkan Supply Management.
  • Memperpendek Waktu Produksi.
>>>explanation alexa statistics for Tokopedia the next...

sumber :