Tuesday, November 22, 2011

KOTA dan DESA






PERKOTAAN
Menurut Prof. Drs. R. Bintarto Kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia dengan kepadatan penduduk yang tinggi, strata sosial ekonomi yang heterogen, dan corak kehidupan yang materialistik.


masyarakat Perkotaan ialah mereka yang hidup di daerah kota yang hidup  dalam keadaan lebih mewah (Matrealistis) yang serba ada, lebih berkembang terkenal bahkan serta lebih berpadat penduduknya dibandingkan dengan dipedesaan.

PEDESAAN
  • Menurut Undang-undang No. 5 Tahun 1979 Tentang pemerintah daerah Desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat hukum, yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah, langsung di bawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan negara kesatuan Republik Indonesia.
  • Menurut Sutardjo Kartohadikusumo Desa adalah suatu kesatuan hukum tempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri.

    masyarakat Pedesaan ialah mereka yang hidup ditempat terpencil  yang jauh dari kehidupan mewah ,hidup sederhana  serta hidup lebih dekat dengan Alam sekitar. 
perbedaan Antara Masyarakat Perkotaan dengan Masyarakat Pedesaan :
masyarakat Perkotaan cenderung pada saat ini lebih menggunakan teknologi Modern. sedangkan didesa masih menggunakan alat tradisional pada saat itu. udara di pedesaan lebih sehat dibandingkan dengan di perkotaan karna di pedesaan banyak penghijauan yang masih terawat dan terjaga serta masih terlindungi . di perkotaan penghijauan semakin berkurang karna adanya banyak bangunan tata kota,  sehingga tidak ada lagi tempat dimana penghijauan tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.  diperkotaan sering terjadinya banjir karna tidak adanya resapan air. dibandingkan dengan didesa jarang sekali mengalami banjir karna banyaknya pepohonan yang dapat meresapkan air kedalam tanah. 




banyak penduduk didesa yang berpindah kekota atau yang disebut juga dengan Urbanisasi karena menurut mereka hidup di perkotaan lebih enak dibandingkan didesa , padahal tidak demikian, karena di Perkotaan hidup Membutuhkan kepintaran dan berhati-hatilah  agar tidak mudah tertipu oleh orang lain, dan agar dapat bersaing dengan baik oleh yang lainnya.









No comments:

Post a Comment